Tag

Siapa yang tidak kenal dengan Tiens atau Tianshi. Saya yakin anda yang sedang membaca di blog saya ini pasti tahu dan kenal dengan perusahaan MLM dari Cina ini. Masuk ke Indonesia sekitar tahun 2000 dan hingga kini tetap eksis. Berarti Tianshi telah berjalan di Indonesia selama kurang lebih 8 tahun.

Selama perjalanannya selama 8 tahun Tianshi telah sukses memiliki ratusan ribu member di Indonesia dan telah memberikan reward berupa mobil mewah, kapal pesiar, pesawat terbang, vila mewah, dan sebagainya. Menciptakan banyak top leader seperti Trisulo, Luis Tendean, Ferawati Hartono, Naga Sugara, Livia Helen, Agus Trilaksono, dsb. Tianshi telah memberikan kesejahteraan bagi para member-member di Indonesia.


Terlepas dari beberapa kasus yang pernah terjadi di dalam perusahaan Tianshi mengenai gratis atau tidak reward tersebut, kebohongan yang dilakukan beberapa leader Tianshi kepada publik, dsb. Intinya Tianshi sukses mendapatkan pasar yang begitu besar di Indonesia selama 8 tahun. Hal ini menciptakan beberapa perusahan dari Cina lainnya yang berusaha ingin membuka pasar seperti Tianshi pada awalnya.

PT. PERFECT NUSANTARA

Pada akhir tahun 2003 ada perusahaan dari Cina yang namanya Perfect (PT. Perfect Nusantara) yang berasal dari daerah Zhongshan, Cina. Kalau boleh saya bilang nih perusahaan masuk ke Indonesia dengan melakukan manuver membuka kebohongan yang dilakukan perusahaan Tianshi. Akibat dari manuver tersebut banyak top-top leader dari Tianshi mulai hengkang ke perusahaan Perfect, seperti Sujiwo dan Erna (peringkat di Tianshi adalah BL ke atas), Susanto (Peringkat di Tianshi BL ke atas, tapi akhirnya dia tobat dan balik ke Tianshi), Pak Ananda Obe (peringkat di Tianshi bintang 8), masih banyak lainnya yang mungkin tidak terlacak. Saya mengenal perusahaan Perfect ini dari teman saya yang mengundang saya di sebuah hotel di jogja, kalau tidak salah Hotel Shapire. Saya ketemu dengan Pak Susanto, Pak Obe, kemudian Ms. Mao (dia ini yang membawa masuk Tianshi ke Indonesia).

Seperti biasa saya dan mereka duduk bersama dalam sebuah meja bulat (bukan konfrensi meja bundar loh) dan membahas beberapa manuver yang dilakukan oleh Ms. Mao ini, meliputi kebohongan yang dilakukan Tianshi. Pada tahun itu cukup membuat geger member-member dan Leader-leader Tianshi di seluruh Indonesia loh. Tapi menurut saya geger tersebut tidak bertahan lama, sebab saya menganalisis dari segi produk Perfect memang variatif banyaknya, akan tetapi ada 2 hal yang akan membuat Perfect ini tidak tahan lama, yaitu : Pertama, marketing plan sangat setengah mati rumit dan sangat susah untuk dipahami, kalau sudah susah dipahami bagaimana bisa diduplikasikan. Yang kedua, dalam menawarkan bisnisnya, para leader Perfect memulai dengan melakukan manuver membuka kebohongan Tianshi dulu. Kalau menurut saya ini yang tidak menarik. Buat apa melakukan manuver seperti itu, mbok yao jika perusahaan Perfect bagus dari Tianshi, tunjukkan di mana bagusnya. Simple kan?

PT. WOO TEKH INDONESIA

Pada tahun 2005, saya ditawari oleh teman saya perusahaan MLM dari Cina juga namanya WooTekh yang memiliki pabrik di wilayah Tianjin (Tianjin ibaratnya sama seperti Tangerangnya Indonesia). Secara sepintas dengan mendengarkan apa yang dipresentasikan oleh teman saya, kok sangat mirip sekali ya dengan Tianshi. Meliputi dari segi produk dan marketing plan, serta marga pemilik perusahaan baik Tianshi maupun Woo Tekh sama-sama bermarga Li. Kalau pemilik Tianshi namanya Li Jin Yuan (Pria) sedangkan pemilik perusahaan WooTekh bernama Li De Ming (Wanita). Mari kita bahas mengenai sisi produk Woo Tekh. Produk Woo Tekh memiliki hampir diatas 60 jenis supplement food dan pembalut wanita. Semua jenis produk tersebut ada kemiripan dengan produk Tianshi yaitu kalsiumnya. Bedanya, hanya dari segi harga saja kalau Woo Tekh lebih murah 10% dari produk Tianshi.

Kalau dari sisi marketing plan Woo Tekh sama persis dengan Tianshi cuma ada perbedaan dari segi modal awal bergabung yang lebih murah. Misalnya kalau mendaftar sebagai distributor hanya mengeluarkan uang sebesar Rp.50,000 sedangkan Tianshi sebesar Rp. 85,000. Kalau mau naik peringkat level 2 (seperti bintang 2 di Tianshi) modalnya sama sebesar Rp.500,000 sedangkan kalau ingin naik peringkat level 3 (seperti bintang 3 di Tianshi) modalnya sebesar Rp.1,800,000 (lebih murah Rp. 200,000 dari Tianshi).

Jenjang karier atau peringkat yang harus dicapai di Woo Tekh lebih singkat ketimbang Tianshi. Di Woo Tekh peringkat di mulai dari posisi level 1 hingga level 8, kemudian dilanjutkan dengan posisi passive income yaitu peringkat bintang 1 Presiden Direktur dan peringkat puncak yaitu bintang 2 Presiden Direktur. Kalau di total jumlah jenjang karier yang harus ditempuh sebanyak 10 jenjang karier. Setahu saya sudah ada 5 orang (sejak tahun 2005) yang telah mencapai posisi puncak karier dan menerima reward mobil mewah BMW yaitu Pak Kwek dan Pak Fahmi, sedangkan yang 3 lainnya saya tidak tahu namanya. Tapi yang jelas kelima peraih posisi puncak dan menerima reward BMW adalah mantan leader Top di Tianshi yang dulunya juga telah menerima reward mobil mewah BMW sewaktu acara Tianshi di Jerman. Ibarat pepatah mengatakan sekali dayung 2 BMW di dapat.

Selain bayak sekali manan-mantan leader Tianshi yang pindah kapal ke perusahaan Woo Tekh, mungkin anda sekalian (terutama pelaku MLM Tianshi) mengenal Mr. Qian Zhong Ke? Kalau anda memutar video penghargaan pembagian Reward di Jerman mungkin anda tahu dengan orang ini. Dulunya Mr Qian Zhong Ke termasuk jajaran Managemen dari perusahaan Tianshi. Sekarang Mr. Qian Zhong Ke ini adalah Komisaris Presiden Direktur Woo Tekh.

TASLY INDONESIA

Tasly adalah perusahaan Network Marketing dari China yang berdiri pada 10 Mei 1994, berlokasi di Beichen Hi-Tech Park, Tianjin, China. Berarti sudah ada 3 perusahaan yang memiliki lokasi yang sama di Tianjin, yaitu Tianshi, Woo Tekh, dan Tasly. Kalau soal perusahaan Tasly, sebenarnya saya sudah lama sekali di prospek oleh pemain MLM yang namanya pak Ananda Obe asalnya dari Semarang. Saya ketemu dengan pak Obe kira-kira tahun 2004 memasuki bulan-bulan akhir (saya sudah agak lupa). Waktu itu beliau sedang ada acara di Jogja, nah beliau menghubungi saya untuk ketemu. Biasalah kalau orang MLM kerjaannya kayak gini. Waktu itu saya ketemuan di hotel Shapire (lagi-lagi hotel Shapire) dengan mengajak teman saya untuk menemani saya, maklum waktu ketemuan sekitar jam 9 malam.

Setelah basa basi sebentar, pak Obe mengeluarkan stater pack perusahaan Tasly. Saya di jelaskan kalau perusahaan Tasly bagus, kuat dari segi modal, ada divisi R and D (Reaserch and Development) dalam hal produk supplement, marketing plannya bagus, dan yang paling utama adalah perusahaan Tasly masih baru di Indonesia (ini adalah lagu lama yang sering saya dengar dari pemain MLM, contohnya kayak Pak Obe ini). Setelah ngobrol ngalor dan ngidul, akhirnya kita pamit untuk pulang karena jam sudah menunjukkan pukul 11 malam. Seperti biasa saya dioleh-olehin stater pack perusahaan Tasly untuk dipelajari dan kalau tertarik langsung bergabung ya, begitu kata Pak Obe menutup pembicaraan malam itu.

Baru keesokan paginya, saya membuka kembali stater pack pemberian dari Pak Obe semalam. Kalau dari segi produk, saya kira sama sajalah dengan Tianshi, Perfect, dan Woo Tekh. Soalnya mirip banget sih. Ok dah lanjut aja ke marketing plan aja ya, berikut penjelasannya :

jumlah jenjang karier sebanyak 11 peringkat yang harus ditempuh

modal awal bergabung sebagai member sebesar Rp. 100,000 (stater pack).

Untuk naik jenjang berikutnya yaitu Recommend (sama seperti bintang 2 Tianshi dan Level 2 Woo Tekh) dengan melakukan belanja pribadi sebesar 600 BV sekitar Rp. 600 ribuan. Jenjang selanjutnya yaitu ID (sama seperti bintang 3 Tianshi dan Level 3 Woo Tekh) dengan melakukan belanja pribadi sebesar 1,800 BV sekitar Rp. 1,800,000 kurang lebih.

Untuk naik peringkat seperti biasa lah, cara pertama harus punya 2 kaki dan cara ke dua harus punya 3 kaki, yang mana ada syarat omzet grup pada masing-masing kaki. Keunikan pada marketing plan Tasly adalah bisa naik peringkat selanjutnya hanya dengan menggunakan 1 kaki saja namun omzet satu kaki besarannya 2 kali lipat lebih besar dari cara pertama yaitu dengan 2 kaki.

Peringkat passive income di mulai dari peringkat Health Star 1, Health Star 2, dan Health Star 3 (posisi puncak)

Reward yang diberikan seperti wisata luar negeri senilai Rp. 30 juta (peringkat Health Star 1), mobil mewah senilai Rp. 300 juta (peringkat Health Star 2), dan villa mewah senilai Rp. 1 miliyar (peringkat puncak Health Star 3).

MERRO INTERNATIONAL

MERRO INTERNATIONAL BIOLOGY CO. LTD adalah Perusahaan besar di Dalian China yang berdiri sejak tahun 1925 yang bergerak di bidang supplement kesehatan & kecantikan. Masuk ke Indonesia sejak April 2007. perusahaan ini membuat beberapa jaringan Tianshi mulai gerah lagi. Emang ada apa dengan Merro ini? Ahhha… ternyata salah satu networker Tianshi yang membuat jaringan terbesar di seluruh dunia dan memiliki bonus bulanan hingga puluhan miliyar ternyata pindah ke Merro International dan menjadi sebagai Presiden Eksekutif MERRO INTERNATIONAL BIOLOGY CO. LTD, yaitu Mr. Chen Zhan. Bagi yang belum tahu dengan orang ini (distributor Tianshi terutama), silahkan putar lagi video mengenai pembagian reward di Jerman dan Rusia.

Menjadi sebuah perbincangan hangat sekaligus panas dan was was dikalangan leader Tianshi. Mengapa Mr. Chen Zhan kok pindah ke Merro International? kok berani begitu saja meninggalkan kenyamanannya, padahal tiap bulan bonus yang didapat sangat besar sekali loh. Silahkan tanya sendiri sama Mr. Chen Zhan yah.

Emang apa sih yang spesial dengan perusahaan Merro ini? Usut punya usut saya membuka sebuah web sitenya versi indonesia dan mendonlot semua yang berkenaan dengan perusahaan Merro, tentu saja marketing plannya kan. Berikut penjelasan yang akan saya berikan kepada anda mengenai Merro ini.

Pertama mengenai perusahaannya keliatannya kuat banget jika dari segi modal, penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan, berdiri sejak 1925, pada tahun 2000 masuk ke dalam bursa saham sanghai (Shanghai Stock Exchange). Merro International memiliki lebih dari 2300 pusat kesehatan dan lebih dari 1000 apotik di China. Produk-produk Merro International telah memenuhi standar GMP dan GSP dan memenuhi syarat tertinggi dari WHO untuk nasional dan international. Sejak tahun 2004, MERRO INTERNATIONAL telah mengubah strategi pemasarannya dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) di China dan dikembangkan ke seluruh dunia. Sampai dengan saat ini Merro International sudah mengembangkan ke 11 negara dengan konsep Multi Level Marketing termasuk ke Indonesia

Kedua mengenai produk supplemnetnya di produksi si pabriknya yang berada di Dalian High-Tech Zone seluas 100.000 M2 dan 30.000 M2 berupa fasilitas produksi farmasi berteknologi tinggi dengan menghabiskan biaya RMB 180 Million. Produk-produk Merro International juga mendapatkan sertifikat halal dari negara China dan Malaysia. Merro International juga memiliki Hotel, lebih dari 2300 pusat kesehatan, lebih dari 1000 apotik dan 200.000 agen di China. Pendirinya Mr. Xia Li adalah Chairman di Merro International Co. Ltd. Beliau dijuluki sebagai Bapak Polysacharide karena berhasil melakukan riset terhadap jamur Ganoderma dengan memisahkan antara Polysacharide yang berfungsi untuk nutrisi sel dalam tubuh dengan Mercury yang merupakan racun. Merro International tercatat sebagai perusahaan dengan pemasaran yang brilliant dan sukses yang memiliki nilai jual terbesar di pasar international, dengan track record yang baik dan pengembangan yang kuat yang merupakan industri kesehatan terkemuka di China sebagai standar dunia. Produk dari Merro ini relatif mahal berkisar minimal Rp.350,000/ botolnya.

Ketiga mengenai marketing plannya. Biaya pendaftaran Rp 200.000,- (Mendapatkan Starterkit + CD). Belanja pribadi sebesar Rp 1.000.000,- cukup sekali saja dan dapat dicicil dalam 3 bulan (Rp. 500.000,- menjadi omset Plan A dan Rp.500.000,- menjadi omset Plan B). Jadi konsep marketing plan Merro ada 2 jenis yaitu plan A dan Plan B (seperti konsepnya K-Link).

Pada Plan A ada berbagai macam bonus yaitu bonus prestasi/sponsor, bonus unilevel (hingga kedalaman 10 level), bonus Automaintain (tutup point), dan bonus generasi sponsor hingga 5 level. Keunikan pada sistem tutup point dilakukan secara otomatis, artinya di potong langsung dari bonus sesuai dengan kriteria tertentu.

Pada Plan B ada berbagai macam bonus yaitu bonus performa, bonus leadership, bonus ekselen, bonus sharing nasional, bonus sharing internasional, dan bonus reward.

Wow banyak sekali ya jenis bonusnya. Itulah mengapa harga produknya sangat mahal sekali, ya untuk memback up bonus-bonus yang luar biasa banyak tersebut. Jumlah jenjang karier di Merro ada 7 yaitu dari posisi Distributor, Supervisor, Manager Director, Shapire Director, Emerald Director, Diamond Director, dan terakhir Crown Director. Sangat singkat sekali ya.

Tapi kembali ke masalah produk, saya berkesimpulan kalau perusahaan Merro tentu harus besaing dari segi harga dengan Tianshi, Perfect, Woo Tekh, dan Tasly. Kalau tidak bisa bersaing ya siap-siap saja menemui kegagalan seperti Perfect yang tidak terlalu besar pertumbuhan jaringan maupun omzetnya. Malah sekarang tidak terdengar lagi rimbanya seperti dulu kala yang hanya mengandalkan manuver kacangan dengan menjelekkan perusahaan lain.

Salam sukses dan damai selalu.

About these ads