Tag

, , , , , , , ,

 HAK USAHA / BISNIS

Sejak dahulu, jika anda bergabung/join dengan perusahaan sistem binaryi, maka perusahaan tersebut memberikan kepada anda yang namanya hak usaha/bisnis. Hak usaha/bisnis sering kali disebut dengan kata yang lain seperti : Tracking Center (TC), Business Center, Kavling, Titik , Paket, dll. Anda juga bisa bergabung/join berkali-kali dengan nama anda yang sama tergantung modal anda tentunya. Di setiap perusahaan binary rata-rata menawarkan beberapa hak usaha/bisnis yang relatif hampir sama, misalnya seperti ini :

 

gambar 7

gambar 7

 

Setiap unit hak usaha/bisnis memiliki potensi keuntungan maksimal tertentu setiap hari yang biasa dikenal dengan flush out (masih ingat kan?). Setiap orang berhak bergabung lebih dari 1 hak usaha/bisnis. Anda boleh bergabung dengan pilihan 1, 3, atau 7 hak usaha/bisnis sekaligus. Jika anda bergabung dengan 1 hak usaha/bisnis, berarti anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan 2 kaki atau 2 jaringan. Kalau anda bergabung dengan 3 hak usaha/bisnis, berarti anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan 4 kaki atau 4 jaringan. Sedangkan bergabung dengan 7 hak usaha/bisnis, berarti anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan 8 kaki atau 8 jaringan. Selain itu potensi penghasilan atau income yang anda dapat akan berbeda , jika dilihat dari berapa hak usaha/bisnis yang anda ambil.

Uniknya lagi dalam sistem binary adalah anda bisa menjual salah satu hak usaha/bisnis anda jika anda mengambil 3 atau 7 hak usaha/bisnis kepada orang lain atau kepada calon member anda.

 YANG PERLU ANDA TAHU

 

Yang perlu anda tahu pada sistem binary memang berbeda dengan rule of the game pada sistem MLM murni. Rule of the game pada sistem binary hanya mengenal mengenai biaya pendaftaran dan tutup point saja Tidak ada yang namanya side volume. Sedangkan sistem reward dan peringkat serta support sistem hampir sama cara kerjanya. Berikut ini akan saya jelaskan.

 

Rule Of The Game (Aturan Main) :

 

Biaya pendaftaran.

Setiap perusahaan MLM binary menerapkan biaya pendaftaran awal untuk join/bergabung, standar rata-rata kalau kita bergabung dengan biaya berkisar antara Rp. 50,000 – Rp. 150,000. dengan biaya pendaftaran tersebut kita akan mendapatkan yang namanya stater kit (berisi tentang panduan menjalankan usaha meliputi pengenalan company profile, produk, marketing plan, dan support sistemnya).

Ada beberapa perusahaan yang menerapkan biaya pendaftaran + belanja produk. Belanja produk di sini bervariasi nominalnya, ada yang berbiaya mulai dari Rp.350.000 hingga jutaan rupiah.

 

Omzet Grup

Omzet grup di sini digunakan untuk meningkatkan peringkat/jenjang karier dan mendapatkan reward. Jadi tergantung pada pelakunya, apakah ingin naik peringkat dan mengejar reward atau tidak. Dan jarang saya temukan aturan yang njelimet (susah dipahami) untuk mendapat sebuah reward di setiap marketing plan binary.

 

Tutup Point/Belanja Pribadi

Kewajiban Tutup point/belanja ulang di dalam sistem binary ada 2 bentuk yaitu dilakukan secara manual dan ada juga yang dilakukan secara otomatis tiap bulannya (dipotong langsung dari bonus yang disesuaikan dengan aturan tertentu yang dikeluarkan oleh perusahaan). Terkadang ada juga perusahaan bersistem binary yang tidak mewajibkan membernya melakukan tutup point.

Nominal kewajiban tutup point setiap marketing plan perusahaan bersistem binary beragam bentuk, dari nominal puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Kewajiban tutup poin yang dilakukan seorang member akan dikembalikan lagi dalam bentuk bonus yang biasa disebut dengan bonus unilevel atau bonus tutup point (lihat penjelasan sebelumnya mengenai bonus unilevel). Besarnya nominal beban tutup point dilakukan dengan sistem fix/flat (artinya nominalnya selalu tetap dan tidak bertambah atau berubah).

Kewajiban tutup point biasanya hanya sebuah plihan, artinya tidak memaksa bagi seorang member, tapi ada juga yang bersifat mutlak dilakukan agar mendapatkan bonus.

 

  • Sistem Reward Dan Peringkat

Sistem Reward

Reward pada perusahaan MLM binary hampir sama dengan reward pada perusahaan MLM murni, misalnya dalam bentuk materi (sepeda motor, mobil mewah, dsb), bonus keuangan, atau bonus promosi (tour ke luar negeri, wisata rohan atau umroh gratis).

Untuk mendapatkan sebuah reward, pelaku binary harus dapat memenuhi syarat yang ditentukan, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumya di dalam rule of the game ditambah syarat khusus yang diberlakukan pada masing-masing perusahaan.

 

Sistem Peringkat

Penggunaan sistem peringkat di dalam marketing plan perusahaan MLM bersistem binary sangat unik. Peringkat diberikan kepada member didasarkan pada jumlah member yang ada di jaringan kiri dan dijaringan kanan. Sebagai contoh :

 

Status Peringkat

Syarat Kualifikasi

Member

-

Manager

50 member di kiri dan 50 member di kanan

Ruby

1 Manager kiri 1 manager kanan

Pearl

2 Ruby di kiri dan 2 Ruby di kanan

Diamond

3 Pearl di kiri dan 3 Pearl di kanan

Double Diamond

1 Diamond di kiri dan 1 Diamond di kanan

 

Pada tabel di atas, jika seorang member awal yang bergabung ingin naik peringkat menjadi peringkat Manager, maka member tersebut harus memiliki jaringan sebanyak 50 member di kiri dan 50 member di kanan. Selanjutnya untuk naik lagi ke peringkat Ruby, maka seorang member yang telah menjadi Manager harus membantu jaringan di kiri dan dikanan minimal menjadi 1 Manager di kiri dan 1 Manager di kanan, dan seterusnya.

Pemberlakuan sistem peringkat di beberapa perusahaan bersistem binary berbeda-beda baik itu dilihat dari segi nama peringkat, jumlah peringkat, maupun syarat mencapainya. Dan terkadang ada juga yang tidak memberlakukan sistem peringkat.

Selain itu, peringkat dipergunakan perusahaan untuk memberikan semacam penghargaan dalam bentuk sebuah bonus. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada member yang telah memiliki sebuah peringkat dinamakan bonus leadership atau bonus sharing nasional/internasional. (lihat penjelasan sebelumnya mengenai bonus leadership atau sharing nasional/internasional. Tapi sekali lagi ada perusahaan yang menggunakan dan ada pula yang tidak.

 

  • Support Sistem

Setiap perusahaan bianary rata-rata memiliki organisasi support sistem layaknya pada perusahaan MLM murni. Support sistem perusahaan binary dibentuk oleh para leader-leader-nya dan juga ada yang memang diciptakan langsung oleh perusahaannya. Sistem pendidikan yang terkandung dalam support sistemnya sama persis yang dilakukan oleh organisasi support sistem perusahaan MLM murni. Jadi intinya tidak jauh berbeda.

About these ads