Tag

,

Percayakah anda pada apa yang disebut dengan passive income? Yang menurut beberapa distributor MLM berarti tidak usah kerja lagi, bonus tetap mengalir? Masih harus dipertanyakan kebenarannya!!! Percaya atau tidak, banyak para leader-leader MLM baik yang sudah mencapai peringkat yang namanya passive income maupun yang sedang menuju peringkat passive income saja, jaringannya sudah pada rontok, lari entah ke mana (atau masuk ke perusahaan MLM lain yang masih baru), bangkrut alias banyak utang sana sini, dan sebagainya.

Apa yang terjadi seandainya anda telah mencapai peringkat puncak (passive income) tiba-tiba perusahaan MLM nya malah tutup/bangkrut? Ini nyata loh, gak boong boongan, coba anda perhatikan cuplikan berita dari INFO APLI edisi 31, Januari-Maret 2006 (silahkan masuk ke situs http://www.apli.or.id) : Belum lama ini industri DS/MLM di Indonesia dikejutkan oleh peristiwa tutupnya dua perusahaan yang cukup mapan dan telah lama beroperasi di Indonesia. Akhir 2005 lalu, kita dikejutkan oleh tutupnya MLM Forever Young (PT Foreverindo Insan Abadi) yang telah sekian lama berkiprah di industri ini. Dan, awal Februari 2006 lalu, kembali kita dikejutkan oleh kabar ditutupnya Avon (PT Avon Indonesia), yang telah beroperasi sejak 1988 dan sebelumnya juga dianggap sebagai salah satu perusahaan direct selling mapan di Indonesia.

Tutupnya Forever Young Indonesia, menurut beberapa sumber yang saya temui di lapangan, yaitu para leader seperti, Bapak Ari, Bapak Dwi Malistyo, Bapak Harjanto, dan Bapak Harris mengatakan kalau FYI sudah mengalami saturasi alias kejenuhan pasar yang disebabkan oleh tidak adanya variasi atau inovasi produk baru, biaya operasional yang semakin meningkat, dan pihak managemen-nya tidak komitment dalam mengatasi persaingan dengan para kompetitor perusahaan MLM lainnya, di mana para kompetitor ini memiliki produk yang inovatif, sistem marketing plan yang menarik dan bonus yang fantastis pula.

Trus bagaimana nasib para distributor maupun para leader-leader yang telah mencapai peringkat puncak passive income yaitu SND (Senior Network Distributor)? Apakah mereka menggugat perusahaannya? Atau menerima nasib begitu saja?

Keempat leader FYI tadi sudah mencapai apa yang disebut passive income yang tiap bulan menerima rata-rata Rp. 100 juta. Sayang seribu sayang akhirnya para leader-leader tersebut sudah berganti baju dengan perusahaan MLM baru untuk memulai lagi dari titik nol. Sangat miris sekali. Hal ini harus menjadi sebuah pembelajaran bagi member dan perusahaan MLM yang lain. Juga pembelajaran bagi dunia bisnis MLM.

Dan APLI pun hanya sebagai pendengar yang baik dan tidak melakukan apa-apa mengenai tutupnya Forever Young Indonesia. Trus kerjanya APLI apa ya??? Ada yang tau ndak.

Kira-kira masih benar gak ya passive income di MLM itu??? Hmmmmm……gimana nih teman-teman???

Iklan