Tag

, , , , , , , , ,

 INTRO

Siapa yang tidak kenal dengan skema rancangan (sistem) binary (2 kaki)? Hampir semua pelaku di bisnis network marketing/MLM mengenalnya dengan baik sistem ini. Apakah anda memiliki kesan jelek dengan sistem binary? Atau mungkin anda malah menggandrungi sistem ini? Apapun jawabannya itu terserah anda yang menilai. Tapi yang jelas, dalam buku saya ini akan saya jelaskan mengenai sistem binari yang pernah beredar dan digandrungi oleh sebagian pelaku MLM. Loh sistem binary kok disamakan dengan MLM? Menurut saya pribadi, dalam cara kerja di MLM sendiri pun sebenarnya bisa dilakukan dengan sistem 2 kaki walaupun bisa lebih banyak kaki, sehingga bagi orang awam yang belum paham atau tidak pernah mengamati perkembangan akan agak sulit menerimanya.

Dunia MLM sebenarnya memiliki berbagai jenis sistem marketing plan (rencana pemasaran), hampir di setiap perusahaan MLM memiliki sistem marketing plan yang berbeda-beda. Nah sistem binary inilah yang kemudian muncul akibat adanya modifikasi di sana sini (kayak modifikasi motor aja nih) yang tujuannya adalah menciptakan pasar baru atau peminat baru. Sangat wajar donk kalau hal ini bertujuan dengan cara pemasarannya.

Sistem binary muncul pertama kali kalau tidak salah tahun 1990 an. Banyak orang beranggapan atau menyamaratakan sistem binary sama dengan money game dan skema piramid. Tetapi harap diingat sekali lagi bahwa para ahli pemasar memiliki otak yang sangat cerdas dalam utak atik sistem, agar bisa terhindar dari anggapan awal orang yang menyamaratakan dengan money game dan skema piramid.

Sistem binary merupakan sistem perekrutan maksimal 2 orang (membentuk 2 kaki/frontline langsung). Bahasannya pelaku bisnis sistem binary KKS (Kanan Kiri Seimbang). Pola sistem binary dapat dilihat pada gambar berikut ini :

 

gambar 1

gambar 1

 

 

 

 

 

 MODAL, PRODUK, DAN MARKETING PLAN

 

Ada beberapa hal yang perlu akan saya jelaskan pada skema ini, supaya anda sekalian dapat memahami, mencari perbedaan maupun persamaan antara sistem binari yang satu dengan yang lain, antara lain seperti : modal awal bergabung/join, jenis produk yang ditawarkan, marketing plan (rencana pemasarannya) meliputi jenis bonus/kompensasi yang akan didapat dan cara kerja dari sistem binary itu sendiri.

 

Modal Awal Bergabung dan Jenis Produk

Pertama saya akan jelaskan mengenai modal awal bergabung/join dalam sistem binary beserta produk yang ditawarkan. Biasanya dalam sistem binary menawarkan modal awal bergabung dan dengan jenis produk yang berbeda-beda antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Berikut contohnya: UBS (Uni Beauty Shop), modal awal Rp. 500,000 dengan produk kesehatan dan kecantikannya. Yosihiro, modal awal Rp. 1,5 juta dengan produk sabun dan Eye Golden Gel (kesehatan mata). Gold Quest International, modal awal ada 2 jenis, pertama sistem uang muka sebesar US$ 400 + US$ 60 administrasi (belum dapat produk), dan kedua sistem lunas US$ 800 + US$ 60 administrasi (dapat produk). Produk yang ditawarkan adalah koin emas, kalung emas, dan jam tangan emas.

Namun perusahaan yang saya sebutkan tadi hanyalah beberapa dari ratusan jenis lainnya yang pernah beredar. Jenis produk yang ditawarkanpun juga lebih beragam lagi seperti ada produk voucer pulsa, gelang dan kalung bio energi (kesehatan), alat penghemat BBM (bahan bakar minyak), investasi keuangan dengan pengembalian lebih tinggi dari bunga bank, dan mata uang Dinar Iraq pun juga di binary kan.

Anda harus tahu juga mengenai produk yang ditawarkan, misalnya produk tersebut berupa supplement food, tanyakan mengenai apakah sudah ada ijin Depkes, Badan POM, kalau dari luar negeri tanyakan apakah sudah mendapatkan GMP, FDA (Food and Drugs Administration), dsb. Selain itu tanyakan juga fungsi dari produk, cara pemakaian, harganya, trus kalau jual ke konsumen berapa harganya, siapa dan berapa jumlah kesaksian produk yang sudah memakai dan berhasil sembuh, dan semuanya harus dalam bentuk tertulis dan bukan hanya omong kosong atau bahasa kasarnya banyak mbacot. Banyak sekali memang di pasaran, perusahaan binary yang asal punya produk dan gak jelas asal-usulnya, apakah produk tersebut buatan sendiri atau hanya ambil ke pihak lain. Dan ini perlu ditanyakan secara serius.

Dan jangan heran jika anda menemukan beberapa perusahaan binari yang menawarkan produk sejenis namun dengan modal awal bergabung dan pemberian bonus/kompensasi yang berbeda-beda pada marketing plan mereka. Karena pada dasarnya hanyalah untuk menarik minat anda saja untuk bergabung dan menjalankan bisnisnya.

Kalaupun modal awal bergabung yang wajar serta mendapatkan produk yang menurut anda masuk akal (senilai dengan keunggulannya) berarti bukan penipuan atau pun merugikan bagi anda. Contoh yang pernah saya alami adalah waktu membeli produk dari PT. Life Asia Indonesia (dari perusahaan Taiwan) pada awal tahun 2004, produk suplemen yang ditawarkan sangat mahal yaitu senilai US$ 100/botolnya namun tidak sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan (sudah mahal, tidak ada manfaatnya). Lain hal nya sewaktu saya ditawari produk dari perusahaan binary lainnya dengan produk suplemen berbentuk cairan hijau di mana produk ini membantu kita yang kurang serat alami/kurang makan jenis sayuran. Setelah saya coba, suplemen tersebut memang terbukti kasiatnya sehingga saya menilai bahwa produk tersebut senilai dengan harga yang saya bayar. Anda paham maksudnya kan.

Contoh lain adalah perusahaan Gold Quest International dengan produk emasnya yang rata-rata senilai US$ 800 (kurang lebih 8 jutaan). Yang jadi pertanyaan adalah apakah produk tersebut memang jenis produk yang layak untuk diinvestasikan dan sekaligus dikoleksi? Sesuai nilai pasarankah jika di jual kembali? Jawabanya adalah tidak mungkin/mustahil. Saya pernah ditawarkan bisnis ini oleh teman saya sewaktu masih kuliah, teman saya mengatakan produk ini cocok sebagai alat untuk investasi kedepannya. Namun apa yang terjadi, untuk menjual produk itu kembali saja susah setengah mati. Dan trik yang digunakan oleh Gold Quest adalah koin emas tersebut untuk koleksi jadi kalau mau menjual kembali harus ke sesama kolektor atau member Gold Quest. Haaa? Kan aneh, harusnya produk dalam suatu bisnis bisa dijual ke orang lain tanpa orang tersebut harus bergabung kan? Tapi Gold Quest malah kebalik metodenya. Boleh di cek di koran-koran baik di koran lokal maupun koran nasional, di bagian iklan akan ada yang menawarkan koin koleksi bergambar inilah, sekian karatlah, pernah membaca iklan tersebut? Atau mungkin anda yang memasang iklan tersebut?

Kalau boleh saya katakan, ketertarikan seseorang bergabung ke Gold Quest selain dari produk emasnya adalah dari marketing plannya (rencana pemasarannya) yaitu bonus/kompensasinya yang menggiurkan, namun sebenarnya membuat orang lain jadi korban atau kejebak. Dan tidak sedikit dari para member Gold Quest yang merasa dirugikan dari sisi produk maupun kompensasi/bonus yang ditawrakan. Ibarat kata, Gold Quest membukus bisnis nya dengan rapi, eksklusif, bonus dengan mata uang US Dollar, perusahaan internasional, memiliki banyak kantor cabang di negara-negara lain, sehingga orang yang ditawarkan akan merasa wah gile nih bisnis, keren abisss. Dan juga saya pernah di ajak saudara saya mengikuti acara presentasi besar Gold Quest di Jogjakarta, dan entah mengapa kok ada artis senior si Lidya Kandau juga ada di acara tersebut, kata saudara saya si Lidya Kandau juga ikut bisnis ini. Dalan hati saya berkata, apakah dengan adanya artis senior dan terkenal dapat membuat seseorang join di bisnis tersebut? Apakah ini strategi dari Gold Quest juga? Bagaimana tanggapan anda?…..

Tapi sekali lagi, kalau anda merasa mendapatkan sebuah produk yang cukup layak dan berguna bagi anda ya oke oke saja kok, tapi kalau produknya tidak layak menurut anda maupun di pasaran maka bisnis itu merugikan, contohnya ya bisnis koin emas atau berlian yang saya sebutkan di atas tadi. Coba deh anda yang pernah join di bisnis itu, jual koin emas tersebut di toko emas misalnya, dihargai berapa? Apakah dihargai sama sewaktu anda membayar untuk join? Atau malah di bawah harga pasaran? Paling banter anda diyakinkan oleh upline/sponsor anda bahwa kalau mau jual tuh koin harus ke sesama member perusahaan tersebut, ya kan? Lah kalau perusahaannya bubar, otomatis member pun bubar juga toh, trus barang itu (koin emas) mau dikemanakan? Apa untuk dikoleksi sepanjang hidup sampai mati, atau aukh ah gelap (lebih baik tanya aja sama yang bersangkutan).

 

Marketing Plan (rencana pemasaran)

Hampir di setiap perusahaan dengan sistem binary memiliki program marketing plan (rencana pemasaran yang unik) yang berbeda-beda, di samping untuk menarik minat masyarakat atau membentuk pasar baru, juga untuk bersaing dengan perusahaan binary yang lebih dulu masuk pasar. Tidak heran jika banyak terjadi kasus saling sikut-sikutan, saling bajak membajak member /distributor, saling tawar menawar untuk pindah perusahaan yang lebih menarik dari segi marketing plannya. Hal ini akan tercipta sebuah lingkaran setan yang tiada henti-hentinya di bisnis MLM sistem binary, jangan harap anda selamanya bisa jadi upline atau leader sebab jika ada sistem binary yang bagus dan baru, siap-siaplah anda bisa jadi dowline dari downline anda sebelumnya. Itulah permainan dari bisnis sistem binary, siapa cepat dia dapat. Dan sangat jarang perusahaan binari dapat bertahan selama 1-2 tahun sejak berdiri.

Memahami dulu marketing plannya adalah hal utama, sebab tanpa memahaminya dulu anda akan sulit dalam menjalankannya, karena menjalankan sesuai dengan marketing plan otomatis semua jenis bonus yang ditawarkan akan kita nikmati (ini hal yang paling utama dari para pelaku binari) dan tentunya tanyakan juga apakah ada syarat-syarat tertentu, misalnya untuk memperoleh bonus, naik peringkat/jenjang karier (kalau ada), dsb. Tanyakan sampai detail dan jelas kepada marketing managernya atau upline yang menawarkan kepada anda.

Perkembangan marketing plan (bonus/kompensasi dan cara kerja) yang terjadi selama ini sungguh begitu menarik, dari dari yang hanya memberikan 1 jenis bonus kepada member/distributornya sampai ada yang berani memberikan lebih dari 2 jenis bonus. Berikut beberapa penjelasan bermacam jenis bonus/kompensasi yang diberikan dari sistem marketing plan perusahaan binary supaya anda dapat memahami dan sekaligus mempelajarinya. Jenisnya antara lain :

  • Bonus Eceran adalah keuntungan yang didapat apabila member menjual produk ke konsumen tanpa konsumen tersebut menjadi member. Keuntungan yang didapat dari penjualan eceran ini besarnya antara 15%-30%.

  • Bonus Sponsor/Rekrut/Referral/Referensi adalah bonus yang diberikan dari mengajak/merekrut member/distributor baru bergabung. Bonus ini dibayarkan dalm waktu 1 minggu dan terkadang ada perusahaan yang membayarkan bonus ini secara harian. Lihat pada gambar 2 :

 

gambar 2

gambar 2

 

 

 

  • Bonus Keseimbangan/Pasangan adalah bonus yang di dapat dari keseimbangan downline di jaringan sebelah kiri dengan jaringan di sebelah kanan. Besarnya bonus yang di dapat dari keseimbangan kiri dan kanan tergantung pada masing-masing marketing plan perusahaan. Bonus ini dibayarkan dalam waktu 1 minggu/mingguan dan terkadang ada perusahaan yang membayarkan bonus ini secara harian di mana pada hari itu terjadi keseimbangan/pasangan maka besoknya bonus langsung bisa dinikmati. Lihat pada gambar 3 :

gambar 3

gambar 3