Tag

,

Kejadian penipuan arisan bermotor kambuh lagi dan tidak ada yang mau belajar dari kasus sebelumnya yaitu CV Jamina dan CV Sukma. Setelah saya pantau sejak bulan April hingga bulan Agustus 2008, ternyata kelangsungan hidup perusahaan ini tinggal menunggu waktu untuk bubar dan menelan banyak korban yang ditipu.

            Cerita ini berawal pada bulan mei saya di datangi oleh teman saya. Intinya dia menawarkan sebuah program bisnis kredit motor, mobil, atau jika punya utang seperti utang kartu kredit, cicilan mobil, motor, yang sedang berjalan, akan dibantu dilunasi hingga selesai, nah program ini namanya AKA SOLUTION  dengan nama PT nya : PT Adhicatur Karya Utama. dan ada juga blognya di sini

            Program bisnisnya hampir mirip dengan CV Jamina dan CV Sukma. Ok saya akan jelaskan program bisnisnya.

Pertama tama harap diketahui bahwa sistem yang digunakan oleh AKA Solution adalah bisa binary dan bisa juga MLM murni atau gabungan keduanya tergantung berapa paket yang anda ambil. ada 1 paket, 2 paket, 3 paket, atau 4 paket. Kalau ambil 1 paket dan menyelesaikan programnya anda mendapat kompensasi pelunasan kredit sebesar Rp. 15 juta. Kalau ambil 2 paket mendapat pelusanan kredit Rp. 30 juta, dan untuk 3 paket dan 4 paket tinggal dikalikan 2 saja untuk kompensasi pelunasannya.

Misal anda ambil 1 paket senilai Rp. 1,075,000 mendapatkan hak keanggotaan, kartu diskon (discount card), mendapat asuransi personal accindent dari Asuransi ACE Insurance, dan menjadi anggota salah satu badan hukum JWP Law Firm Office.

            Setelah jadi korban anggota, maka tugas selanjutnya adalah menjalankan marketing plan, yaitu dengan merekrut korban anggota baru sebannyak 2 orang untuk dipasangkan di kaki kiri dan di kaki kanan. Dan selanjutnya bantu 2 orang yang anda rekrut tadi masing-masing mendapat 2 orang sehingga gambarnya seperti ini :

 

 

 

 

Anda akan mendapat bonus sponsor karena mengajak 2 orang yaitu si A dan si B total sebesar Rp. 200,000. setelah skema terpenuhi yaitu 2 level sempurna, Anda dinyatakan Kualified (Sukses Program) maka dibulan selanjutnya Anda menerima Kompensasi Angsuran sebesar Rp. 600.000 selama 6 bulan (dihitung setelah qualified) dan pada bulan ke 7 menerima Kompensasi Utama sebesar Rp. 11,400,000 :

Bulan pertama           : Rp.600.000,- (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

Bulan kedua               : Rp.600.000,- (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

Bulan ketiga               : Rp.600.000,- (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

Bulan keempat          : Rp.600.000,- (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

Bulan kelima              : Rp.600.000,- (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

Bulan keenam           : Rp.600.000,- (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

Bulan ketujuh             : Rp. 11,400,000 (dipotong biaya tranfer Rp.15,000)

 

Nah lain cerita jika anda mengambil 2, 3, atau 4 paket, kerja anda semakin meningkat dengan menambah rekrutan sebanyak 2 kali dari paket yang diambil. Dan kompensasi jika anda qualified, maka tiap bulannya dari bulan 1 hingga ke 6 dan kompensasi akhir pada bulan ke tujuh  tinggal dikalikan dengan jumlah paket yang diambil.

Waktu pertama kali saya dijelaskan oleh teman saya ini, saya mulai curiga. Bagaimana cara perusahaan memutar uangnya ya. Pemikiran sederhana saya seperti ini. Coba anda pikirkan juga deh jika anda adalah pemilik perusahaannya. Katakanlah untuk menyelesaikan program dengan mengambil 1 paket senilai Rp. 1,075,000 dan membuat level 2 sempurna, maka :

Pemasukan buat perusahaan adalah :

– 7 orang/member X Rp. 1,075,000            : Rp. 7,525,000

Pengeluaran perusahaan adalah :

            – bonus sponsor        : Rp.     600,000

            – total kompensasi    : Rp 15,000,000

 

Keuntungan perusahaan : pemasukan – pengeluaran :

                                            :  – Rp. 8,075,000 (Rugi)

 

Jika terjadi 1 member qualified, kerugian perusahaan adalah sebesar Rp. 8,075,000. nah apa jadinya jika ada 10 orang qualified, maka beban kerugian perusahaan menjadi tambah menjadi Rp. 80,075,000.

Pernah dalam suatu pertemuan AKA SOLUTION saya bertanya kepada manajemen AKA mengenai keuntungan perusahaan dari mana. Nih jawaban sang manajemen perusahaan AKA :

  1. keuntungan dari kartu diskon
  2. keuntungan dari member yang belum qualified atau berhenti di tengah jalan.
  3. keuntungan dari asuransi. Karena uang member diputar di dalam perusahaan Asuransi ACE.

 

Setelah dijelaskan oleh pihak manajemen AKA, tetap saja saya tidak percaya 1000%. Saya jamin nih perusahaan akan kolaps. Pasti. Eh ternyata sejak bulan April diperkenalkan oleh teman saya, pada bulan Juni, Juli, Agustus mulai tersendat cicilan kompensasi sebesar Rp. 600,000/bulannya. Dan upline teman saya yang sudah qualified sebanyak 3 kali, bingung bagaimana mencicil ke 3 motor kreditannya.

Akhirnya pada bulan Agustus kemarin, upline teman saya ini ke kantor AKA SOLUTION di Jakarta bersama beberapa korban member yang qualified untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut. Entah menemukan jawaban yang tak kunjung jelas maka upline teman saya ini dan beberapa member lainnya merusak kantor AKA sebagai pelampiasan amarah karena ditipu mentah mentah.

Masih ada saja masyarakat yang tertipu dengan hal semacam ini. Bagaimana nih rekan-rekan semuanya, apakah masih bisa belajar dari kasus ini? Atau anda yang membaca blog saya adalah korban member dari AKA SOLUTION???

Iklan