Dari sekian banyak artikel yang saya tulis di blog saya ini, mungkin pertanyaan ini yang harus saya lontarkan kepada pembaca sekalian. Kira-kira bagi anda pelaku MLM maupun non MLM apa sih yang di jual di dalam bisnis MLM itu?
Apakah :
 Jualan produk kah.
 Jualan sistem kah
 Jualan support sistem kah
 Jualan mimpi kah
 Jualan cerita sukses kah
 Jualan pendidikan kah
 Jualan buku motivasikah
 Jualan penghargaan kan
 Atau jualan yang lain…..?

Banyak pelaku MLM mengatakan bahwa bisnis MLM adalah menjual produk ke konsumen. Walaupun ada beberapa MLMers yang alergi atau gengsi jualan produk. Kebanyakan produk di MLM adalah supplemen food. Pernah pada suatu kesempatan saya di prospek oleh MLMers, dan saya ajukan sebuah pertanyaan penting mengenai produk MLM nya dia, seperti ini nih pertanyaannya :
1. apa saja kandungan di dalam produk tersebut?
2. apakah ada bahan kimianya? Jika ada, apa jenisnya?
3. jika menggunakan bahan yang alami, jelaskan proses ekstraksinya?.
4. khasiat dan efek samping seperti apakah dari setiap zat yang dikandung suplemen itu?
5. apakah ada penelitian2 yang pernah dipublikasikan kepada publik berkenaan dengan suplemennya ?
6. apakah ada testimoni / kesaksian yang sudah terbukti? Bisakah ditunjukan hasil sebelum dan sesudah menkonsumsi produk tersebut? Apakah ada uji klinis dari kedokteran?
7. apakah produk tersebut aman dikonsumsi di segala usia?
8. negara mana saja yang menyatakan produk itu aman di konsumsi? apakah jika di Indonesia melalui ijin DEPKES dan BPPOM juga merekomendasikan? Bisa ditunujukkan regristrasi dari DEPKES dan BPPOM?
9. kalau ternyata ada efek samping yang merugikan konsumen, kepada siapa klaim/ tuntutannya bisa diajukan? apakah kita sebagai “penjual eceran”nya juga bisa dikenai tuntutan hukum? Berapa lama klaim bisa diselesaikan?
10. apakah ada jaminan uang kembali jika ternyata produk tersebut cacat dalam proses pabrik atau distribusinya pada saat di beli atau di konsumsi?

Layaknya sebuah sidang skripsi S1, orang yang memprospek saya pun tidak bisa menjawab pertanyaan secara jelas dan memuaskan.
akhirnya si MLM ers cuma mengklosing : “dateng aja ke seminarnya mas, minggu depan.”
lah, sebenarnya bisnis MLM ini jual apa sih? Kok ditanya masalah produknya sendiri saja tidak bisa, kan aneh. Apalagi jika di ajak ikut seminar, apakah lewat seminar bisa terjawab semua atau hanya sebagai ajang pamer pameran “kesuksesan doank”. Padahal para pembicara seminar pun bukan sebagai jaminan bisa menjawab jawab pertanyaan saya tersebut.

Dengan rasa kasihan saya mengatakan : “kamu aja yang ikut seminarnya, nah, nanti tanyakan semua pertanyaanku itu, kalau udah dapet jawabannya, kasih tau gua ya?”

dan setelah itu dia gak pernah muncul lagi.

Sungguh memalukan…..

Bukankah sebuah pertanyaan itu wajar? Bukankah dengan bertanya kita menjadi semakin tahu dan paham? Apakah dengan bertanya secara detail tidak boleh? Apakah banyak bertanya berarti kita ini di cap bodoh dan bego?

jadi bingung nih, sebenernya yang dijual di bisnis MLM itu apa sih?
Pura-pura bodoh aja ahhh

Iklan