Santai santai di hari sabtu sambil nonton tv, sambil ngubah-ubah saluran stasiun TV, eh ternyata perhatian saya tertuju pada acaranya TUPPERWARE di Trans 7 jam 9 pagi dengan judul SHE CAN (kalau gak salah), dulu sempat ada tayangan yang sama di Trans 7 yaitu acaranya TIANSHI dengan jumlah sekian episode kemudian dilanjutkan dengan program baru Tianshi dengan judul SUKSES ADALAH PILIHAN pada jam 10 pagi.

lebih agak setengah kaget lagi sewaktu teman saya dari K-Link bilang kalau K-Link juga ngiklan dengan konsep yang sama dari Tianshi dan Tupperware dengan judul MENGEJAR IMPIAN hari jumat malam jam 22.30.

Seingat saya pernah ada sebuah komentar di blog saya ini, tentunya dari militan MLM Tianshi yang bilang kalau Tianshi adalah satu satunya MLM yang bisa masuk Trans 7 dan diliput hingga beberapa episode. saya hanya geli aja membaca komennya. Masuk Trans 7 kok dibilang hebat. Bukankan itu sebagai bentuk iklan komersial yang dikemas ke dalam sebuah acara cerita sukses semata. Siapapun yang bisa bayar untuk iklan di Trans 7 maupun stasiun TV lain ok ok saja kan. La wong duit masuk buat si punya stasiun TV. Kenapa Trans 7 dipilih untuk ajang iklan MLM? Mungkin biaya iklan di Trans 7 lebih murah ketimbang stasiun TV lain. Apalagi jika penayangannya di atas jam 10 malam bisa lebih murah lagi.

Dari 3 perusahaan yang iklan di trans 7, yang menganut sistem MLM (Multi Level Marketing) adalah Tianshi dan K-Link, sedangkan Tupperware menganut sistem SLM (Single Level Marketing). Yang berbeda adalah Tianshi, sebab iklan yang dibuat Tianshi ini hanya dari satu organisasi support sistem saja yaitu UNICORE. Jadi bukan bagi seluruh anggota Tianshi dari berbagai support sistem yang ada. Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan oleh K-Link dan Tupperware.

Iklan yang selama ini mereka lakukan hanyalah menceritakan kisah sukses dan tips sukses belaka, tanpa adanya penjelasan produk yang mereka banggakan. Memang tidak ada yang salah dari iklan yang mereka buat, sah sah saja, la wong mereka sendiri yang bayar dan mengkonsep iklan tersebut. Itu hak mereka kan.

Apakah iklan tersebut sebagai salah satu bentuk untuk memperbaiki citra bisnis MLM yang selama ini dianggap buruk oleh kalangan masyarakat pada umumnya? Atau bertujuan yang lain, seperti menunjukkan MLM mana yang hebat dan bagus!!

Apakah dengan iklan tersebut bisa membuat masyarakat lupa akan kasus kebakaran Labs School dan kampus UNJ serta kasus meninggalnya korban di sumatera utara akibat produk K-Link??? Apakah dengan iklan tersebut bisa membuat masyarakat lupa akan kebohongan- kebohongan publik yang dilakukan oleh Tianshi selama ini???

Semoga saja iklan tersebut benar benar ingin memperbaiki citra bisnis MLM.

Biarlah masyarakat sendiri yang menilainya

Yukk kita nonton saja lah dan kita tunggu kehadiran iklan dari perusahaan MLM MLM lainnya, semakin banyak akan semakin rame.

Iklan