Tag

, , , ,

Kembali ke 5 tahun lalu…………………………………yogya masuk musim hujan

Tepatnya pada tahun 2004 bulan Februari, mungkin saking banyak tawaran bisnis MLM entah dari perusahaan mana, dan mungkin juga saking banyaknya jadwal undangan presentasi MLM yang saya ikuti. Saya di sms oleh pak ipunk (dia ini pemain MLM, jadi hampir di setiap MLM baru pasti ada dia) yang isinya demikian :

Nanti jm 12 ktm di lobi hotel Melia Purosani. Ada top leader 001 Tianshi Hartono yg mau ktm dng saya ama tmn2. Klau kamu mau ikut ajak skalian temen kamu ituh. trims

Saya masih ingat betul sms singkat yang pak ipunk kirim ke saya. Bunyi sms nya ya seperti di atas tadi. Saking kaget dan baru kali ini saya mau diajak ketemu dengan 001 nya Tianshi, maka saya langsung hubungi teman saya si Ida Bagus agar ketemu di lobi hotel Melia Purosani. Kebetulan si Ida Bagus teman saya ini orang Tianshi bintang 5. tepat jam 11 saya berangkat dari rumah, lumayan lah jarak dari rumah ke hotel kira-kira ditempuh dalam waktu 25 menitan. Sambil melaju menuju ke hotel, saya sedang mempersiapkan beberapa pertanyaan seputar Tianshi yang akan saya tanyakan kepada pak Hartono.
Setelah sampai dan memarkir motor, saya melihat lagi list pertanyaan yang saya buat, takut kalau ada yang masih luput ditanyakan. Itung-itung menambah informasi untuk disebar. Sebelum masuk ke lobi, saya cari rokok dulu di sekitar hotel, setelah beli, langsung deh masuk ke lobi hotel. Ternyata teman saya si Ida Bagus sudah datang duluan, dan pak ipunk beserta genk tua keladinya juga sudah stand by. Setelah salam salaman (gaya MLM) langsung deh kita semua menuju kamar Pak Hartono menginap.
Sambil dalam perjalanan menuju kamar pak Hatono, saya mulai tanya ke pak Ipunk alasan pak Hartono datang ke Jogja ada urusan apa. Pak ipunk menjawab kalau si Hartono ini mau nawari bisnis MLM yang dia buat sendiri. Waooow langsung deh saat itu saya kaget minta ampun, dengan mengeluarkan kata kata yang khas yaitu HHAAA!!! Masak sudah peringkat puncak di Tianshi , bonus sudah banyak, malah buat MLM !! (pikiran saya waktu itu masih polos banget……harap maklum).
Setelah sampai di pintu kamar, pak ipunk mulai gedor-gedor pintu tanda kulonuwon, spada, permisi.. dan dibukalah pintu itu, nampaklah wajah pak Hartono di mana wajah itu pertama kali saya lihat aslinya…riilll dab. Setelah mempersilahkan masuk kamar dengan gaya seperti bos perusahaan kelapa sawit…masuklah kita semua ke ruang kamar yang lumayan luas dan nyaman. Akhirnya saya dan Ida Bagus dikenalkan kepada pak Hartono oleh pak Ipunk, biasalah dengan kata kata seperti ini :
“Ini pak anak-anak muda Tianshi jaringan bapak”
Kalau saya lihat sepintas, pak Hartono memiliki performa yang pantas jika disebut sebagai pemain atau pelaku MLM yang dikategorikan hebat dan mengerikan. Anda tau sendirilah kalau pak Hartono ini dari etnis Tionghoa. Tapi orangnya enak dan easy going layaknya anak muda loh. Bahasanya gaul khas anak muda Jakarta. Pikiranku semula, tak kira pak Hatono ini orangnya keras, kaku, dan macem-macemlah..
Setelah perkenalan dan ngobrol ngalur ngidul..akhirnya pak Ipunk mulai menanyakan tujuan dari Pak Hartono ke Jogja. Ternyata pak Hartono ke jogja ingin mengembangkan bisnis MLM ciptaanya lewat pak Ipunk dan kawan-kawan. Bisnis MLM punya pak Hartono ini namanya M.A.S (sorii saya lupa kepanjangannya apa), bisnis MLM M.A.S ini berupa discount card / kartu diskon, di mana jika kita menjadi member MAS otomatis kita mendapatakan kartu diskon dan menjalankan sistem jaringannya. Kartu diskon ini bisa digunakan di beberapa merchant di seluruh Indonesia.
Begitu penjelasan atau presentasi yang dilakukan oleh pak Hartono selesai, maka adalah giliran saya dan teman saya ida bagus untuk bertanya seputar pengalaman bisnis MLM beliau, bisnis MLM apa saja yang akan booming, dan banyak hal….
Di sinilah awal saya mulai menyelidiki bisnis MLM dari berbagai sisi…..dan jangan heran kalau ada perusahaan MLM yang saya “kuras habis”….dan siap2 lah para MLM ers sekalian untuk bisa terbuka, open mind, jangan jadi kuda atau kebo yang hanya bisa ngomong…. emooooooo (suara kebo), menerima kenyataan dan realita yang sebenarnya….kalau kata teman bengal saya bilang : there is a sky above the sky…enaknya minum ABSOLUTE SKY VODKA…..cocok untuk hawa dingin….Toassstttt